Cari Postingan Blog ini

Rabu, 07 Mei 2014

3r yang harus diketahui

Hy sobat-sobatku yang manis. Kalian tau ga author mau curhat nih dengerin ya.. Gini, tadi pagi author nonton tipi nah beritanya tentang sampah menumpuk dan bla-bla bla author prihatin nih, kalian gimana?? Makanya author buat post ini tentang 3r semoga bermanfaat.....

            Seperti yang udah banyak dari kalian ketahui sampah ialah suatu barang atau benda yang sudah tidak terpakai lagi. Nah, masalahnya sampah yang ada di Indonesia sangat banyak. Bayangkan rata-rata satu orang di Indonesia menghasilkan sekitar 0,5 kg setiap harinya. Gimana banyak kan?

            Slogan-slogan tentang membuang sampah sembarangan memeng banyak terpampang di mana-mana. Tapi, rasanya tidak berguna masih banyak yang sesuka hatinya membuang sampah sembarangan.

Kalaupun kita membuang sampah pada tempatnya apakah itu berguna untuk mengurangi sampah? Rasanya tidak. Untuk itulah yang perlu kita lakukan adalah mengurangi sampah. Banyak cara untuk mengurangi sampah yang kita rangkum dalam 3r.

3r yang kita bahas artinya

1. Reuse yang berarti menggunakan kembali

Menggunakan kembali barang bekas baik sebagai fungsi awalnya maupun sebagai fungsi yang baru itulah yang dimaksud dalam Reuse.
Hal yang dapat kita lakukan misalnya menggunakan botol air mineral yang sudah tidak terpakai untuk tempat minyak goreng, memanfaatkan kaleng bekas minuman untuk tempat pensil, memanfaatkan sedotan plastik bekas menjadi kerajinan tangan, dsb..

2. Reduce yang berarti mengurangi

Mengurangi disini berarti mengurang penggunaan barang-barang yang hanya dapat sekali dipakai.
Misalnya mengurangi penggunaan tissue dan menggantinya dengan saputangan, mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja dengan membawa kantong belanja sendiri, dsb..

3. Recycle yang berarti mendaur ulang

            Mendaur ulang barang bekas kembali menjadi barang yang semula adalah pengertian dari Recycle.
            Hal yang berhubungan dengan Recycle misalnya mendaur ulang kertas menjadi kertas karton, mendaur ulang sampah bekas botol minuman, dsb...

Nah, gimana mudah kan mengurangi sampah. Tunggu apa lagi jangan buat author prihatin dengan sampah yang menumpuk. Kalau author sih selalu jaga lingkungan, because it’s very important.



Eits don’t forget it klik g+ dan comments thit post. And please come back to this page. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar